Ekonomi

[Ekonomi][bsummary]

Hiburan

[Hiburan][bigposts]

Hot

[Hot][twocolumns]

Dishut Sulbar Serahkan Bantuan Sarana Budidaya Lebah Madu Legona

PERIKSA21.CO.ID --- Dinas Kehutanan ( Dishut ) Provinsi Sulawesi Barat menyerahkan bantuan alat ekonomi produktif komoditi lebah madu kepada tiga Kelompok Usaha Perhutanan Sosial (KUPS) di Kabupaten Polewali Mandar ( Polman ), Sabtu 3 September 2022.


Tiga KUPS yang penerima bantuan tersebut yakni KUPS Madu Cani KTH Tondok Biru Desa Batetangnga, KUPS Lebah Madu KTH Saluloppo Desa Puppuring dan KUPS Lebah Madu KTH Uwai Tumbur Desa Kalumammang. 


Pejabat Pembuat komitmen (PPK) pada kegiatan ini Nenny Tandi Rapak mengatakan  bantuan untuk Kabupaten Majene di serahkan ke KUPS Beau, KUPS Gala Gala KTH Pundau Sipatuo serta KUPS Cani KT Batu Meana Desa Pundau Kecamatan Sendana. "  Bantuan alat ekonomi produktif ini pagu anggarannya 200 juta per KUPS yang diberikan dalam bentuk barang. " terangnya, melalui akun whatsapp, Sabtu 3 September.


Menurut dia, bantuan alat ekonomi produktif ini anggarannya bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) fisik kehutanan Tahun 2022, sementara untuk pengadaan barangnya melalui proses tender cepat yang dilaksanakan pada bulan Juli 2022 lalu dengan penyedia PT. Fazza Loyal Kreasi Kota Bekasi. " Pada penyerahan bantuan ini, penyedia menyiapkan tenaga pelatih operasional alat-alat yang diberikan melalui bimtek langsung dengan KUPS penerima bantuan. " ujar Nenny.


Terpisah, Pendamping Perhutanan Sosial Dishut Sulbar Ismail menjelaskan  bantuan tersebut diberikan untuk budidaya lebah madu legona kepada KUPS, berupa mesin serta perlengkapan alat pembudidayaan lebah madu legona, " Tadi juga diberikan koloni lebah madu legona hidup, Semua KUPS sudah dijelaskan teknik pembudayaannya, ' ujarnya.melalui telepon, Sabtu 2 September.


Selain itu, Ismail menyampaikan kelompok penerima bantuan juga diberitahu kendala apa saja yang dapat menghambat budidaya lebah madu legoni, " Kendala pembudidayaan itu karena lebah madu rentan terhadap panas matahari langsung dan air hujan. ' tuturnya. 

(Rls/Alga).

No comments:

Post a Comment

Sosial Budaya

[Sosial Budaya][bsummary]

Politik

[Politik][bsummary]

Pengetahuan Umum

[Pengetahuan Umum][bsummary]

Pendidikan

[Pendidikan][bsummary]

Olahraga

[Olahraga][bsummary]

Narkoba

[Narkoba][bsummary]

Life Style

[Life style][bsummary]

Hukum

[Hukum][bsummary]

Kriminal

[Kriminal][bsummary]