Ekonomi

[Ekonomi][bsummary]

Hiburan

[Hiburan][bigposts]

Hot

[Hot][twocolumns]

Rumah Reot Pasutri Penyandang Disabilitas di Polman, Tak Pernah Dibantu Program Bedah Rumah


PERIKSA21.CO.ID
---- Pasangan Suami Istri (Pasutri) penyandang disabilitas Zainudin (43) dan Kartini ( 39), warga Desa Pasiang Kecamatan Matakali Kabupaten Polewali Mandar ( Polman ) Provinsi Sulawesi Barat tinggal di rumah reot tidak layak huni selama belasan tahun.


Kondisi kaki dan tangan Zainudin tak berfungsi normal, sehingga ia berjalan pincang, Sedangkan istrinya Kartini kondisi kakinya cacat sejak kecil, memaksanya berjalan menggunakan tongkat.


Rumah reot Zainudin berukuran 5 kali 7 meter, jaraknya sekira 1 kilometer dari Kantor Desa Pasiang,  dindingnya terbuat dari papan yang sudah keropos, kemudian ditambal dengan terpal plastik bekas.


Atapnya berdaun rumbia yang sudah kering dilapisi plastik sana-sini agar tidak bocor saat hujan turun, Terdapat belasan plastik bekas menambal atap rumbia rumahnya.


Pasutri penyandang disabilitas ini hidup bersama kedua anaknya yang masih duduk di bangku sekolah dasar, Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari Zainudfn hanya mengandalkan upah dari jasanya sebagai tukang ojek, Penghasilannya pun tidak tetap kadang Rp.10 ribu hingga Rp 30 ribu sehari.


Zainuddin mengaku rumahnya sudah pernah dipantau sejak tiga tahun lalu mulai dari Kepala.Desa hingga Bupati Polewali Mandar Andi Ibrahim Masdar, " Kalau hujan turun masuk air ke rumah pak, Nahujaniki kasihan meski sudah ditambal, Bahkan pak Bupati sudah pernah kesini lihat ini rumah. " ujarnya, saat ditemui di rumahnya Rabu 10 Agustus 2022.


Terpisah, Kepala Dinas Sosial Polman Azwar Jasin Sauru mengatakan Fasilitator Kabupaten ( Faskab ) program.bedah rumah bekerja berdasarkan usulan yang masuk, Namun jika belum diusulkan dan di lapangan ditemukan langsung maka akan menjadi prioritas program bedah rumah tahun depan, " Semua di SK kan dinda, jadi agak susah kami merubah." tuturnya. 

( All Gazali Ahmad ).

No comments:

Post a Comment

Sosial Budaya

[Sosial Budaya][bsummary]

Politik

[Politik][bsummary]

Pengetahuan Umum

[Pengetahuan Umum][bsummary]

Pendidikan

[Pendidikan][bsummary]

Olahraga

[Olahraga][bsummary]

Narkoba

[Narkoba][bsummary]

Life Style

[Life style][bsummary]

Hukum

[Hukum][bsummary]

Kriminal

[Kriminal][bsummary]