Ekonomi

[Ekonomi][bsummary]

Hiburan

[Hiburan][bigposts]

Hot

[Hot][twocolumns]

Kerajaan Binuang Gelar Halal Bihalal


PERIKSA21.CO.ID ----- Perangkat Kerajaan  Binuang ke-XXVIII dari jalur Andi Mappaewang menggelar acara halal bihalal di Jalan Basseang, Kecamatan Matakali, yakni di kediaman pabbicara bulan H. Talib, Minggu 8 Mei 2022.


Halal bihalal tersebut menghadirkan sejumlah perangkat adat binuang beserta tokoh masyarakat, kemudian dilanjutkan dengan salat duhur berjamaah.



Raja Binuang ke-XVIII Andi Irfan Mappaewang mengatakan halal bihalal ini merupakan kegiatan pertama kerajaan binuang bersama masyarakat adatnya, " Sebenarnya kemarin kita rencana safari ramadan, tapi ada kendala,  Lalu kita ganti dengan halal bi halal, " ujarnya, saat ditemui usai acara halal bi halal, 


Menurut dia, acara ini menjadi modal menjalin keakraban antara masyarakat dan perangkat adat kerajaan binuang, " Binuang itu adalah kerajaan islam, semoga kedepan kegiatan awal ini menjadi acara rutin tahunan,  " terangnya.


Andi Irfan menambahkan program prioritas kerajaan binuang akan membenahi administrasi para tomakaka, kemudian fokus menghadirkan saoraja atau istana kerajaan Binuang, Sementara menanggapi adanya pengukuhan perangkat kerajaan binuang di tempat terpisah di waktu yang bersamaan, Andi Irfan menuturkan secara pribadi dirinya tidak akan mengatakan bahwa itu raja palsu, " Karena siapapun nanti yang menjadi raja binuang silahkan berbuat dan membesarkan nama binuang. " jelasnya


Di tempat terpisah, di hari yang sama, juga digelar pengukuhan Arajang Binuang ke - XXVIII dan perangkat adatnya, acara tersebut berlangsung di depan Puskesmas Kecamatan Binuang.


Juru Bicara Kerajaan Binuang dari jalur Andi Mattulada yaitu Andi Irfan Andi Pawelloi Bin Andi Pabettai Bin Andi Mattulada mengungkapkan sejumlah perangkat kerajaan binuang sudah ditetapkan dan divalidasi diantaranya Wakil Raja, Arung Malolo, Pabbicara Lotong, Pabbicara Bulan dan Putri Binuang, " Ketika berbicara arajang toa binuang kami mengacu pada lontarak serta dokumen kontrak yang dikerjakan pemerintah belanda dan dokumen resmi NKRI dalam hal ini keputusan Mendagri, kalau ada yang mengklaim.jalur kerajaan binuang itu sah-sah saja, apalagi dewasa ini kita adalah negara bebas, Tapi ketika berbicara tentang kerajaan binuang kita kembalikan ke porsinya. " pungkasnya. ( All Gazali Ahmad ).

No comments:

Post a Comment

Sosial Budaya

[Sosial Budaya][bsummary]

Politik

[Politik][bsummary]

Pengetahuan Umum

[Pengetahuan Umum][bsummary]

Pendidikan

[Pendidikan][bsummary]

Olahraga

[Olahraga][bsummary]

Narkoba

[Narkoba][bsummary]

Life Style

[Life style][bsummary]

Hukum

[Hukum][bsummary]

Kriminal

[Kriminal][bsummary]