Ekonomi

[Ekonomi][bsummary]

Hiburan

[Hiburan][bigposts]

Hot

[Hot][twocolumns]

Lapas Polewali Kelebihan Daya Tampung 99 Persen


PERIKSA21.CO.ID ------ Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas II B Polewali  setahun belakangan mengalami over kapasitas atau kelebihan daya tampung.  Narapidana (Napi) dan tahanan yang menghuni  Lapas Polewali saat ini berjumlah 493 orang. 


Dari 493 penghuni Lapas Polewali, 360 an orang diantaranya berstatus Napi sedangkan sisanya adalah tahanan, kemudian terdapat lima Napi divonis 20 tahun dan satu Napi divonis 21 tahun lantaran kena denda penambahan masa tahanan, " Kapasitas Lapas Polewali idealnya di huni 250 orang, tapi sekarang kelebihan daya tampung 99 persen lebih, " kata Kepala Lapas Polewali, Abdul Waris, saat dikonfirmasi melalui sambungan telepon, Senin 7 Pebruari 2022.


Meski demikian, mayoritas penghuni Lapas Polewali berasal dari perkara narkotika atau berjumlah 342 orang, dengan masa hukuman bervariasi,  "  Napi dan tahanan narkotika ini berasal dari tiga sumber ada yang dari Polda, Polres dan BNN, " ujar Abdul Waris.


Selain itu, Abdul Waris mengungkapkan blok tahanan wanita Lapas Polewali saat ini dihuni tujuh orang, berasal dari perkara narkotika dan penipuan, " Karena over kapasitas, kita maksimalkan kamar yang ada, yang tadinya cuma di isi 20 orang iya kita tambah, " bebernya.


Abdul Waris berharap ada perhatian untuk penambahan kamar hunian di Lapas Polewali, mengingat jumlah penghuni yang masuk lebih besar dibanding Napi yang dinyatakan bebas, " Kita minta dukungan dari Pemda supaya ada dukungan pembinaan Napi, karena pembinaan ini bukan hanya tanggung jawab lapas tetapi juga tanggung jawab semua stakeholder, " harapnya.

(All Gazali Ahmad)

No comments:

Post a Comment

Sosial Budaya

[Sosial Budaya][bsummary]

Politik

[Politik][bsummary]

Pengetahuan Umum

[Pengetahuan Umum][bsummary]

Pendidikan

[Pendidikan][bsummary]

Olahraga

[Olahraga][bsummary]

Narkoba

[Narkoba][bsummary]

Life Style

[Life style][bsummary]

Hukum

[Hukum][bsummary]

Kriminal

[Kriminal][bsummary]