Ekonomi

[Ekonomi][bsummary]

Hiburan

[Hiburan][bigposts]

Hot

[Hot][twocolumns]

Picu Kerumunan, Pasar Malam Mamasa Terancam Dibubarkan


PERIKSA21.CO.ID -----Sudah dua hari pasar malam di Kabupaten Mamasa, Sulawesi Barat (Sulbar), jadi tempat hiburan baru masyarakat. Pasar malam ini berlangsung sejak Sabtu (22/01/2022) di lapangan Kondosapata Mamasa, Jalan Ahmad Yani. 


Pasar malam ini dibuka oleh Himpunan Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi dan Informatika Universitas Al-asyariah Mandar (Unasman), Polewali Mandar. Namun memasuki malam ketiga,hiburan rakyat ini menuai pro dan kontra karena dinilai memicu kerumunan di tengah pandemi covid-19. Selain memicu kerumunan, kegiatan ini juga dianggap merusak alun-alun kota. 


Bupati Mamasa H. Ramlan Badawi menuturkan, kegiatan itu merupakan pelanggaran. Alasannya, lapangan itu sudah ditetapkan sebagai alun-alun.


Pihak mahasiswa menurut dia, meminta izin ke pihak kepolisian, tribun dijadikan sebagai tempat pementasan seni dan budaya.Namun, seiring berjalannya kegiatan pementasan seni dan budaya, alun-alun pun dijadikan sebagai tempat pasar malam. "Itu merusak karena mobil masuk, terus tanahnya dipasang patok," ungkap Ramlan saat ditemui di Posko Satgas Covid-19, Jl Pendidikan, Kelurahan Mamasa, Senin 24/01/2022


Karenanya, Ramlan mengaku sudah berkoordinasi pihak Kepolisian agar pasar malam itu dibubarkan. Karena terancam dibubarkan, pedagang juga terancam alami kerugian, lantaran sebagian besar pedagang menyetor sewa tempat ke pihak mahasiswa sebagai panitia. "Tempat ini kami sewa ke panitia, ada yang Rp. 500 ribu per lapak, ada yang sampai Rp. 5 juta. Seperti wahana itu lima jutaan," ungkap Haikal, salah seorang pedagang asal Makassar, Sulawesi Selatan. 


Ditambahkannya,sebagian besar para pedagang pasar malam sudah membayar sewa lapak," Ada yang sudah bayar Rp 3 juta, ada juga yang sudah lunas. Kalau dibubarkan kami pasti rugi karena modal belum kembali". tandasnya.


Jeje ji

No comments:

Post a Comment

Sosial Budaya

[Sosial Budaya][bsummary]

Politik

[Politik][bsummary]

Pengetahuan Umum

[Pengetahuan Umum][bsummary]

Pendidikan

[Pendidikan][bsummary]

Olahraga

[Olahraga][bsummary]

Narkoba

[Narkoba][bsummary]

Life Style

[Life style][bsummary]

Hukum

[Hukum][bsummary]

Kriminal

[Kriminal][bsummary]