Ekonomi

[Ekonomi][bsummary]

Hiburan

[Hiburan][bigposts]

Hot

[Hot][twocolumns]

Tak Ada Uang, Kakek Wahi Jual Beras Bantuan PKH Buat Berobat

PERIKSA21.co.id -- Wahi, Kakek Lanjut usia (Lansia) di Desa Kunyi Kecamatan Anreapi Kabupaten Polman, Sulawesi Barat, terpaksa menjual beras bantuan dari pemerintah untuk biaya pengobatannya, 

Beras sebanyak 10 kilogram tersebut berasal dari program keluarga harapan(PKH) yang baru saja ia terima, Lantaran tak punya uang buat beli obat, Wahi lalu mendatangi rumah tetangganya untuk menjual beras bantuannya. 

Usaha ternak ayam kampung kakek Wahi lumpuh total, praktis sumber penghasilan tertutup, Saat bulan ramadan lalu, Wahi mampu meraup untung Rp. 1 juta, Namun kini ayam ternaknya sisa sedikit dan masih kecil-kecil, apalagi pandemi Covid-19 membuat ekonomi kian terpuruk, " Saya jual beras PKH untuk biaya berobat, sudah 10 tahun saya kena diabetes, nak, " Ujarnya, saat ditemui, di rumahnya, Sabtu, 3 September, 2020

Kakek Wahi, memiliki dua anak laki-laki yang sudah berkeluarga, masing-masing berada di perantauan di Kalimantan dan Jogyakarta, " Anak belum saya kabari, karena tidak tahu nomor teleponnya, " Bebernya. 

Rumah panggung Kakek Wahi, juga tak layak huni, sebagian kayunya lapuk dimakan usia, Bahkan untuk lampu penerangan ia berharap belas kasihan keluarga dekat rumahnya, kabel menjulang disambung ke rumahnya, " Tapi ini tanah sendiri, kalau listrik 25 watt saja, disambung dengan rumah saudara, saya beli token saja, " Terangnya. 

Kakek Wahid kini berjuang hidup sebatang kara di rumahnya, Bahtera rumah tangganya kandas di lambung ombak berduri, ia memutuskan cerai dengan istrinya, " Saya sudah lama cerai, mantan istri saya sekarang ada di daerah Palu, " Jelasnya. 

Kakek Wahi, memiliki kartu BPJS kesehatan dan kerap ia gunakan berobat, Namun penyakit diabetes basah yang deritanya membuat luka di kakinya semakin parah dan harus menambah biaya pengobatan, " Saya baru-baru ini keluarkan uang Rp. 4 juta untuk berobat, nak, " Tuturnya.

Laporan : Ahmad Gazali.


No comments:

Post a Comment

Sosial Budaya

[Sosial Budaya][bsummary]

Politik

[Politik][bsummary]

Pengetahuan Umum

[Pengetahuan Umum][bsummary]

Pendidikan

[Pendidikan][bsummary]

Olahraga

[Olahraga][bsummary]

Narkoba

[Narkoba][bsummary]

Life Style

[Life style][bsummary]

Hukum

[Hukum][bsummary]

Kriminal

[Kriminal][bsummary]