Ekonomi

[Ekonomi][bsummary]

Hiburan

[Hiburan][bigposts]

Hot

[Hot][twocolumns]

Salah Pakai Masker, Dijaring Operasi Yustisi, Pelanggar : Karena Merokok Pak

PERIKSA21.co.id --- Berstatus zona merah Corona Virus Disease( Covid-19), Pemerintah Kabupaten Polewali Mandar terus berupaya mencegah penyebaran virus corona,  Salah satunya merilis Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 32 Tahun 2020 tentang penegakan hukum protokol kesehatan sebagai upaya pencegahan dan pengendalian Covid-19.

Jenjang sanksi bagi pelanggar dalam Perbup tersebut, yakni teguran  lisan, teguran tertulis,  kerja sosial serta denda administratif berupa uang tunai sebesar  Rp.  50 ribu bagi perseorangan dan Rp.100 ribu bagi pengelola usaha dan penyelengara tempat fasilitas umum.

Operasi yustisi penegakan protokol kesehatan pun digelar oleh tim gabungan TNI, Polri dan Satpol PP, operasi kali ini berlangsung di jalan poros H. Andi Depu depan kantor DPRD Polman, Selasa, 15 September.

Alhasil, puluhan pengendara yang melintas terjaring razia karena kedapatan tidak memakai masker, salah seorang pelanggar berprofesi sebagai Aparatur Sipil Negara(ASN) kemudian dikenakan sanksi teguran, Namun dua orang diantaranya langsung dikenakan denda administratif Rp. 50 ribu karena sudah dua kali kena teguran pada operasi sebelumnya, " Hari ini kita operasi penegakan protokol kesehatan berdasarkan perbup nomor 32, bukan hari ini saja, kemarin-kemarin kita sudah laksanakan operasi ini,  " ujar Kapolres Polman AKBP Ardi Sutriono, saat ditemui di lokasi operasi.

Tak hanya itu, Ardi Sutriono menegaskan tak ada pengecualian denda administratif bagi pelanggar tidak pakai masker termasuk anggota TNI-Polri,  " Kita sudah teguran tertulis dan teguran sosial, kedepannya kita berlakukan denda Rp. 50 ribu bagi perorangan dan tidak ada pengecualian meskipun TNI-Polri, " Imbuhnya. 

Ditempat yang sama, Kepala Satpol PP Polman, Aco Djalalaluddin membenarkan bahwa Polman termasuk kategori zona merah corona, Sebab itu, kata dia, pihaknya turun lakukan razia bagi warga yang tidak gunakan masker, " Sengaja kami tidak siapkan masker kalau disiapkan mereka akan sengaja tidak pakai masker, Sudah ada kemarin yang kena sanksi sosial disuruh hafal pancasila. "Jelasnya. 

Sayangnya, kesadaran masyarakat melindungi diri dengan masker tampaknya masih kurang, pada operasi tersebut salah seorang pengendara inisial FL terjaring razia karena tak maksimal gunakan masker, sehingga ia dikenakan sanksi teguran,  masker yang ia pakai hanya menutupi dagu tanpa menutupi hidung dan mulut, "  Karena sedang merokok, pak,  saya juga tidak tahu ada operasi, " tutur FL sembari memperlihatkan rokok di jari tangannya.

Laporan : Ahmad Gazali

No comments:

Post a Comment

Sosial Budaya

[Sosial Budaya][bsummary]

Politik

[Politik][bsummary]

Pengetahuan Umum

[Pengetahuan Umum][bsummary]

Pendidikan

[Pendidikan][bsummary]

Olahraga

[Olahraga][bsummary]

Narkoba

[Narkoba][bsummary]

Life Style

[Life style][bsummary]

Hukum

[Hukum][bsummary]

Kriminal

[Kriminal][bsummary]